Kamis, 16 Januari 2020

Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Kulit pada Anak

Critical Report:

1.     Field Establishment:
·       Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia berupa lapisan atau jaringan paling luar.
·       Peran kulit sangat penting bagi manusia, yaitu sebagai pelindung tubuh, sebagai indera peraba,  dan sebagai pengatur suhu tubuh.

2.     Masalah:
·       Kulit dapat berpotensi terkena penyakit jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.
·       Penyakit kulit bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali pada anak usia 1-12 tahun.
·       Selama ini, diagnosis penyakit kulit masih dilakukan secara konvensional, yakni melalui konsultasi langsung dengan dokter.

3.     Solusi:
·       Dengan perkembangan teknologi informasi, diagnosis penyakit kulit dapat dilakukan melalui sistem pakar.
·       Melalui aplikasi sistem pakar tersebut, masyarakat dapat mengetahui informasi tentang jenis penyakit kulit pada anak usia 1-12 dan pengobatan yang dapat dilakukan sendiri dirumah.
·       Pengguna dapat mengetahui informasi atau hasil diagnosa melalui jawaban yang telah diisi melalui pertanyaan tersedia.


4.     Evaluasi:
·       Penelitian ini menggunakan pendekatan konvensional yaitu pendekatan satu arah.
·       Penelitian ini menggunakan metode Expert System Development Life Cycle yang meliputi penilaian, akuisisi pengetahuan, desain atau perancangan, dokumentasi dan pemeliharaan data.

5.     Konstribusi:
·       Sistem pakar ini dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa atau mendeteksi penyakit kulit pada anak dengan gejala yang telah disajikan dalam bentuk pertanyaan.

6.     Critical Review:
Sistem pakar ini perlu dikembangkan lagi seperti menambah data-data tentang penyakit kulit pada anak dan data yang digunakan harus benar-benar dari ahli penyakit kulit, sehingga pengguna menerima informasi yang jelas dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Studying At Home During Covid-19 Pandemic

During the Covid-19 pandemic all habits that were carried out by humans has totally changed. Habits that often carried out by humans in gene...