Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan
layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan
domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry
Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert . Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi
sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai
situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi
situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di
situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka
akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa
pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Adapun
Visi dari Traveloka adalah :
1.
Menjadikan
traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi.
2.
Menjadi
salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di
Indonesia.
3.
Berkontribusi
didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di
Indonesia.
Sedangkan
Misi dari Traveloka adalah:
1.
Selalu
menghadirkan Produk-Produk dan Layanan terbaik.
2.
Memberikan
kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
3.
Secara
terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga
dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
4.
Menjalin
dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan
International.
1.
Service
Strategy
Service Strategy Traveloka adalah dengan
mengedepankan kebutuhan masyarakat akan informasi khususnya mengenai tiket
berbagai macam maskapai di Indonesia serta merupakan fasilitas untuk pembelian
tiket secara online dari berbagai maskapai. Konsumen tidak perlu mencari harga
tiket dari setiap maskapai penerbangan melalui agen perjalanan, menghubungi
langsung customer service maskapai, atau membuka satu per satu situs dari
setiap maskapai penerbangan. Traveloka
melayani pemesanan tiket dari 17 maskapai diantaranya adalah Garuda Indonesia,
Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, Kalstar, Jetstar, dsb
untuk lebih dari 5.769 rute di Asia-Pasifik. Traveloka 3 diluncurkan sebagai
situs meta-search pada Oktober 2012 dan kini terus meningkatkan layanannya
hingga mencakup pemesanan tiket secara langsung.
PT. Traveloka Indonesia mengkomunikasikan produknya
yaitu melalui penayangan iklan di televisi. Pelaksanaan periklanan melalui
media televisi yang dilakukan oleh Traveloka yaitu dengan cara memberikan
tampilan yang berbeda-beda pada setiap versinya sesuai dengan jenis tiket yang
diiklankan di televisi, kemudian dikemas semenarik mungkin agar dapat
menggambarkan kemudahan dalam sistem pembayaran tiket pesawat. Selain itu,
Traveloka juga memberikan kemudahan cara pembayaran yang aman melalui
ATM/transfer, kartu kredit, internet banking, sms banking, dan mobile banking.
2.
Service
Design
· Desain
Nama dan Logo
Traveloka, nama yang
sangat bagus dan cocok untuk suatu website yang berhubungan dengan Perjalanan /
wisata, dengan adanya kata yang khas yaitu Travel yang berarti perjalanan. Nama
yang cukup simpel dan mudah di ingat. Nama Traveloka sudah sangat melekat di
otak masyarakat, apabila seseorang ingin berpergian atau berwisata, butuh tiket
pesawat dan penginapan pasti yang muncul pertama kali di otak mereka adalah
Traveloka.
· Tampilan
Grafis
Pertama kali masuk ke
website Traveloka kalian akan di suguhkan dengan tampilan yang menarik dan
Simpel dengan tema biru. Pada home page web Traveloka dia lebih mengutamakan
mesin atau program pencarian tikel pesawat dan juga hotel, namun tetap terlihat
menarik dengan adanya gambar-gambar, banner dan juga ikon-ikon sebagai
pelengkap dan juga memudahkan user untuk lebih memahami.
· Sistem
Menu
Sistem Menu tidak
pernah lepas dari sebuah sistem atau program baik program Desktop ataupun
program Online, Sistem menu berguna untuk memudahkan user untuk berkomunikasi
dengan program, User bisa memberikan perintah hanya dengan menekan atau klik
sebuah menu. Sistem menu ada beberapa jenis misal menu datar, menu pulldown,
menu dropdown dll. Pada website Traveloka ini juga terdapat beberapa menu yang
bisa membantu para user untuk menemukan apa yang mereka inginkan.
Pada bagian Header
halaman Traveloka terdapat beberapa menu penting yang di butuhkan para user
seperti Pilihan Hotel / Tiket, Bantuan, Login, Register, Cara Pesan, Cek
Pesanan, Pilihan Bahasa, Pilihan mata uang. Menurut kami ini sudah sangat bagus
karena dia menempatkan menu pada bagian header hanya menu-menu yang penting
saja, menu yang sangat di butuhkan oleh para user dan tidak mengganggu
tampilan.
Untuk menu-menu
pelengkap di letakan di bagian Footer atau bagian paling bawah website,
menu-menu pelengkap itu seperti Contact Us, Customer Service, About Us,
kebijakan Privasi, Syarat & Ketentuan, FAQ, Social Media, dll. Menu-menu
ini sangat cocok di letakan di bawah karena tidak terlalu banyak di gunakan
oleh user.
· Ikon
dan Simbol
Ikon atau simbol juga
merupakan bagian terpenting dari suatu program dan website, ikon berguna untuk
membantu user memahami suatu menu atau konten dalam suatu web, misalnya dalam
web Traveloka terdapat ikon koper menunjukan kapasitas begasi, ikon kalender
menunjukan waktu pemesanan, ikon bendera menunjukan bahasa yang di gunakan,
ikon/logo maskapai, ikon/logo bank, dll. Semua ikon itu umum di gunakan oleh
para programer, jadi user pun sudah tidak asing lagi dengan ikon-ikon tersebut.
· Antarmuka
Berbasis Interaksi Grafis
Dialog berbentuk pesan
atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna
melakukan suatu aktifitas.
Maksudnya seperti kotak
dialog, tombol-tombol, list box, combo box, scroll, dll. Yang perintah dari
suatu web yang di desain secara grafis yang mudah di pahami.
Pada web Traveloka ini
juga banyak terdapat interaksi berbasis grafis contohnya sebagai berikut :
§ Tombol
Tekan
Banyak terdapat tombol
tekan pada bagian programnya, berbeda dengan program-program desktop yang
menggunakan tombol tekan bergaya tiga dimensi, pada web tombol tekan biasanya
menggunakan hightlight atau Hover pada tombol tekan yang mempunyai link aktif.
Contohnya seperti ini :
§ List
box pada web ini terdapat pada menu pemilihan kota tujuan disana di buat List
box daftar nama-nama kota.
Pada List Box itu di tampilkan semua
nama kota, jadi user tidak merasa bingung untuk mencari kota asal dan kota
tujuan.
§ Combo
Box
Combo Box pada web ini bisa kalian lihat pada
menu jumlah penumpang, ada dewasa, anak-anak, dan Bayi. Apabila di klik dia
akan drop pilihan angka jumlah penumpang 1-7.
Kami masih merasa
bingung dengan combo box ini, karena menu ini tidak terlihat seperti combo box,
akan lebih baik di tambahkan tanda segitiga ke arah bawah seperti tampilan
combo box pada umumnya, seperti gambar di bawah ini.
§ Radio
Button
Radio Button biasanya
di gunakan untuk menu 2 pilihan yang hanya bisa di pilih salah satu pilihan,
pada web ini di gunakan pada menu perjalanan sekali jalan / pulang pergi, harus
di pilih salah satu.
Selain radio button
juga masih banyak lagi dialog berbasis interaksi grafis seperti Check Box, Spin
Box, label box dll. Itu semua untuk membuat tampilan lebih interaktif dan lebih
simpel.
· Konten
dalam Website
§ Penggunaan
Bahasa
Bahasa yang di gunakan
dalam web ini ada beberapa yang kurang konsisten di bagian menu pada header,
dia menggunakan bahasa indonesia tapi ada dua menu yang menggunakan bahasa
inggris yaitu Register dan Login. Harusnya dia memakai bahasa Daftar dan Masuk
untuk menggantikan kata Register dan Login. Lebih baik konsisten dalam bahasa
karena dia sudah ada fasilitas ganti bahasa dengan ikon bendera.
§ Konten
Unik dan Original
Sebuah website harus
mempunyai konten yang unik dan juga original sebagai pembeda web satu dengan
web lain, agar tidak di anggap oleh google sebagai plagiat. Traveloka ini
mempunyai konten yang Unik dan Juga original, seperti yang terlihat dari
kalimat-kalimat promosi dan kalimat penjelas tentang web.
3.
Service
Transition
Traveloka
zaman dulu hanya sebatas agent travel. Saat ini traveloka juga melayani
pembayaran listrik, pembelian tiket bioskop, pembayaran tagihan Telkom,
BPJS kesehatan, PDAM(Perusahaan daerah air Minum), dan traveloka juga bisa
memesan berbagai makanan jugaa. Traveloka mengeleuarkan invoasi
baru yaitu membayar tagihan seperti pembayaran BPJS dan ada pemesana
tiket bus juga
4.
Service
Operation
Deskripsi Perusahaan Traveloka adalah perusahaan teknologi yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 2012 oleh para mantan insinyur Silicon Valley dan bertujuan untuk merevolusi mobilitas manusia dengan teknologi. Saat ini, Traveloka memperluas jangkauannya dengan beroperasi di 6 negara dan bereksperimen dengan upaya baru yang akan menciptakan dampak besar di pasar dan industri yang kami sentuh.
Deskripsi Perusahaan Traveloka adalah perusahaan teknologi yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 2012 oleh para mantan insinyur Silicon Valley dan bertujuan untuk merevolusi mobilitas manusia dengan teknologi. Saat ini, Traveloka memperluas jangkauannya dengan beroperasi di 6 negara dan bereksperimen dengan upaya baru yang akan menciptakan dampak besar di pasar dan industri yang kami sentuh.
5.
Continual
Service Improvement
Mempermudah pemilihan perjalanan costumer, beberapa perubahan yang mereka lakukan di antaranya perubahan bagian review hotel” atau pesawat. Adanya perubahan pada pemilihan maskapai atau hotel, dari halaman hasil pencarian pesawat + hotel adanya penambahan modal transportasi ke dalam aplikasi traveloka yaitu bus.
Mempermudah pemilihan perjalanan costumer, beberapa perubahan yang mereka lakukan di antaranya perubahan bagian review hotel” atau pesawat. Adanya perubahan pada pemilihan maskapai atau hotel, dari halaman hasil pencarian pesawat + hotel adanya penambahan modal transportasi ke dalam aplikasi traveloka yaitu bus.
Kekurangan traveloka :
- Fokus kepada situs boking domestic
- Pencarian hotel masih sangat kecil
informasi
Kelebihan
traveloka :
- Pencarian tiket dan hotel dalam
negeri lebih unggul
- Terdapat penjelasan cara pemakaian
traveloka itu sendiri
- Halaman awal yang mudah di akses
- Mudah dalam pembayaran
- Cepat dalam memberikan informasi
- Kerja sama dengan maskapai dan
hotel sehingga mudah dalam informasi
Dari
ke 5 Analisa Dasar Infrastruktur Perusahaan PT. Traveloka telah kita ketahui
bahwa teknologi dari traveloka sangat berkembang pesat dari yang hanya bisa
mengecek harga berbagai macam tiket dari berbagai maskapai hingga seperti
sekarang yang sangat mempermudah untuk melakukan penerbangan dengan pemesanan
tiket yang mudah dan cepat secara online.







Tidak ada komentar:
Posting Komentar